Berita

Dinas Lingkungan Hidup Akan Rutin Melaksanakan Operasi Penanganan Sampah (OPS)

Operasi Penanganan Sampah kembali dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon pada Rabu, 29 September 2021. Kegiatan ini dimulai pada pukul 03.30 WIB di sekitar Jalan Siliwangi, Karanggeras dan Pekiringan. Masih banyak warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan secara sengaja di tepian jalan.

Kegiatan yang dilakukan secara rutin ini merupakan usaha DLH Kota Cirebon dalam rangka menegakkan Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Seperti yang dijelaskan Kardini,S.Sos sebagai Kepala DLH Kota Cirebon “Kami berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga kota menjadi bersih, tidak ada lagi sampah yang bertumpuk dipinggir jalan” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala DLH Kota Cirebon menambahkan bahwa telah disediakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di beberapa tempat agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. “Operasi ini akan terus dilakukan sampai masyarakat memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah di pinggir jalan, karena ada TPS-TPS yang sudah tersedia diantaranya TPS Kalibaru dan Sukalila itu yang terdekat” pungkasnya.

Berdasarkan Peraturan Daera Kota Cirebon Nomor 4 Tahun 2018, pelanggar peraturan tersebut bisa dikenakan hukuman berupa denda paling banyak Rp.50.000.000 (lima puluh juta rupiah) atau pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan. Namun untuk sementara ini, masyarakat yang tertangkap basah membuang sampah sembarangan hanya mendapatkan sanksi administratif dan diberikan pemahaman terkait peraturan tersebut.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *