Berita

Sulap Sampah Anorganik Menjadi Barang Seni Yang Menarik

Menurut  Kepala Seksi Pengurangan Sampah, pengurangan sampah  merupakan hal yang sangat penting, di mulai dari lingkup yang kecil seperti sampah rumah tangga mempengaruhi penumpukan sampah di lingkup yang lebih besar seperti sampah perkotaan. Butuh pengetahuan dan pelatihan kepada masyarakat akan sadar lingkungan, pelatih baru diberikan kepada 4 kelompok bank sampah yang bekerjasama dengan bank sampah pusat. Di Kota Cirebon hingga awal 2020 terdata sebanyak 30 kelompok bank sampah sudah memiliki SK dan akan terus di kembangkan.

 Kreativitas bank sampah  DLH Kota Cirebon Seksi Pengurangan Sampah untuk meningkatkan pengolahan sampah, sehingga sampah anorganik yang biasanya hanya dibuat aksesoris dan bunga, kini dapat disulap menjadi barang seni yang memiliki nilai jual.

Membuat kerajinan dari barang bekas merupakan salah satu solusi untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dari rumah tangga. Yups, banyak sekali barang bekas yang ada di sekitar kita yang terkadang diabaikan begitu saja, sehingga terlihat sebagai sampah yang mengganggu keindahan rumah. Padahal bila kamu mau berfikir kreatif, barang tersebut bisa dibuat menjadi kreasi tangan yang bernilai seni tinggi.

Banyak sekali bahan yang bisa dibuat menjadi kerajinan tangan seperti botol bekas, kardus, mug, plastik, dan berbagai barang lain. Selain bisa digunakan untuk menghias ruangan rumah, kreasi dari barang bekas ini juga bisa dijadikan sebagai usaha yang memiliki nilai ekonomi.

Cara membuatnya juga cukup mudah, hanya dengan beberapa peralatan dan bahan sederhana, kamu sudah bisa membuat berbagai kerajinan dengan bentuk unik dan kreatif.

Binggung??

Tenag saja, kamu bisa meniru berbagai kerajinan tangan dari barang bekas ini sebagai latihan berkreasi.

Ternyata membuat sebuah kerajinan tidak susah kok. Buktinya kerajinan yang satu ini, hanya dengan memanfaatkan botol plastik dan sampah palstik sudah bisa membuat hiasan yang cantik dan menarik. Kamu bisa membentuk plastik sesuai dengan bentuk yang kamu sukai.

“Kami berharap, pelatihan bisa diteruskan. Ada banyak bahan yang ingin kami olah menjadi kerajinan yang lebih menarik dan bermanfaat bahkan bisa bernilai seni sehingga menjadi nilai jual.” katanya.

Ingin belajar membuat nya?? dan tertarik menggeluti bidang kerajinan dari sampah hubungi 

kontak :

Ibu Yulise 

+62 823-1885-8881 

Ibu Ana 

+62 853-2429-8059

 

 

 

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *